Cara menyembunyikan file dan folder di Android tanpa menginstal aplikasi paranoid

Tags
Views
Terkadang ponsel kita berada di tangan orang lain (seperti teman, orang tua, atau anak kita), kita terkadang juga harus menjaga konten tertentu, seperti dokumen, foto dan video, menyembunyikan data tersebut agar mereka tidak dapat dengan mudah melihatnya di gallery atau aplikasi pemutar media. Berbasis Linux, Android sudah menawarkan solusi lama, dan berfungsi sepenuhnya untuk membuat file dan folder tertentu hanya dapat diakses oleh aplikasi pengelola file, dan tidak ada yang lain. Ini sangat sederhana, akan membuat Anda tidak perlu mencari aplikasi penyembunyian file. Jadi ikuti panduan kecil ini dan semoga berguna!

Metode # 0

Trik zero adalah dengan merename file yang ingin disembunyikan dengan menambahkan sebuah titik dalam nama file tersebut.


Metode # 1

Trik pertama adalah membuat folder tersembunyi khusus. Cukup buat folder baru dan letakkan sebuah titik di depan namanya. Tidak masalah bagaimana Anda menamainya, cukup beri titik sebelum itu. Ini pada dasarnya memberitahu Android untuk melupakan folder ini dan tidak pernah melihat ke dalamnya. Hanya manajer file dan aplikasi sistem tertentu yang menyadari keberadaannya. Ini berarti file yang disembunyikan di dalamnya tidak akan muncul di galeri, pemutar multimedia, klien email, editor kantor dan sejenisnya.


Metode # 2

Opsi kedua adalah menyembunyikan file media di dalam folder yang sudah ada dengan membuat file .nomedia di dalamnya. File ini tidak memiliki ekstensi atau konten apa pun. Ini hanyalah sebuah file kosong bernama '.nomedia' tanpa tanda petik. Ini akan menyembunyikan semua file media (gambar dan video) dari aplikasi apa pun yang mencoba berinteraksi dengannya.


Penting! Pastikan Anda mengaktifkan tampilan menyembunyikan file dan folder di dalam File Manager Anda.

No comments:

Post a Comment